Post Top Ad

Keindahan Gunung Sipiso piso

Gunung Sipiso piso
sumber : pandanadventure.blogspot.co.id
Gunung sipiso piso begitulah tempat ini disebut, namun sebagian orang juga menyebutnya dengan istilah bukit gundul, hal ini tidak terlepas dari kondisi dari gunung ini sendiri yang sebagian besar vegetasinya di dominasi oleh semak semak belukar dan ilalang, dann untuk bagian puncak di tumbuhi oleh vegetasi tumbuhan hutan, hal ini yang menciptakan keunikan tersendiri dari gunung ini yang patut di kunjungi tentunya
    Selain dari keindahan alamnya sendiri yang tentunya tak perlu di ragukan lagi,, ternyata di tempat ini juga menjadi saksi dari peristiwa bersejarah yang terjadi di tempat ini, dari salah satu tulisan yang saya baca di situs pemda dari kabupaten karo, bahwa pada saat kunjungan wakil presiden indonesia yang pertama di kabupaten karo di tempat ini terjadi pertempuran antara para pejuang kita dengan pihak belanda, di situs tersebut di sebutkan bahwa para pejuang kita bertahan di sekitaran gunung sipiso piso, jadi selain menikmati keindahan alamnya menurut ane kita juga bisa sejenak merenung dan membayangkan betapa besar perjuangan dari mereka para pejuang pejuang yang tak kenal lelah yang telah berkorban jiwa harta dan keluarga untuk kita dapat menikmati kehidupan yang sekarang yang bisa kita rasakan.
   Hari libur ( weekend, atau libur nasional) adalah saat yang tepat untuk mengisi waktu dengan mengunjungi keindahan sekitar kita, sebagai tujuan liburan, gunung si piso piso..? kenapa tidak..? lokasinya sendiri yang sangat berkedakatn dengan objek wisata yang lain menjadikan tempat ini wajib di kunjungi terutama jika kita akan atau berencana untuk mengunjungi tongging, air terjun sipiso piso, gunung sibuaten, atau juga resort simalem, karna lokasi dari semua tempat ini berdekatan hanya memerlukan waktu tempuh beberapa jam saja antara sattu objek wisata yang satu dengan yang linya.
   Gunung sipiso piso merupakan tempat yang sedari dulu sangat ingin ane kunjungi namun kana keterbatasan kesempatan dan waktu yang ane miliki menjadikan keinginan ini harus di pendam untuk waktu yang lumayan lama dan baru bisa ane penuhi di saat liburan di buan 7 yang lalu, salah satu hal yang membuat ane merasa sangat ingin untuk mengunjungi tempat ini adalah khayalan atau fikiran ane yang sering membayangkan keindahan yang sangat luar biasa yang bisa ane saksikan jika saja ane bisa menginjakkan kaki di ketinggian ini, ane sudah membayangkan keindahan danau toba dari ketinggian, membayangkan sunrise yang akann saya dapatkan, dan yang lainya. dan terpaksa khayalan dan keinginan itu ane simpan tentunya.
   Gunung sipiso piso yang berdiri gagah dengan ketinggian 1900 Mdpl dengan lokasi yang berdekaatan dengan danau toba merupakan bagian surga yang terjatuh di bumi, heh hee hee waktu itu pendakian kita mulai tepatnya jam 9 malam hari udara yang dingin menjadi sahabat sejati yang selalu menemani di perjalanan dan kita membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam untuk sampai di titik pendirian camp, rasa lelah udah pasti di rasakan namun khayalan yang melayang layang di benak menjadikan itu bukan apa apa, untuk ane dan seorang rekan mendaki ke gunung sipiso piso merupakan pengalaman yang pertama, yang menjadikan kami tidak memiliki gambaran yang pasti mengenai berapa jarak yang di butuhkan dan berapa lama waktu yang di butuhkan juga, dalam perjalanan rasa lelah itu hampir saja mengalahkan keinginan untuk harus sampai di puncak, ingin sekali rasanya menghempaskan beban yang memeluk di pundak dan melambaikan tangan tanda keinginan untuk menyarah.
   Namun hal itu tidak kami lakukan dan lebih memilih untuk mengambil eberapa saat untuk istirahat saja, dan mencoba untuk memberikan motivasi yang besar kepada diri ini, namun saat saat yang dimana rasa lelah itu mulai menusuk dalam dan tak ada kata motivasi yang dapat memberi semangat di saat itu ane memutuskan karna baru memang kefikiran untuk menggunakan google maps sebagai penunjuk akan berapa jauh lagi jarak untuk berada di puncak, dan ternyatapuncak itu sudah berada dikat di atas kami, hanya memerlukan waktu untuk melewati beberapa tikungan saja, mungkin kalau tidak salah saat itu yanya 3 tikungan lagi saja,
  Ok motivasi yang lain sudah di temukan semangat kian bertambah maka kami putuskan untuk melanjutkan perjalanan saja dan bener saja waktu yang di butuhkan tidak lah lama, dan akhirnya sampai di puncak, dan saat itu menurut cerita dari yang menjaga di titik pendakian ( registrasi) bahwa hanya kami berdua saja yang akan berada di puncak, namun setibanya di puncak ( lokasi pendirian tenda) atau camp area, terdapat satu rombongan yang juga berjumlah dua orang, ok dalam fikiraan saya mungkin pada saat itu mereka tidak bertemu dengan penjaga di kaki gunung, karna memang kami juga menunggu kurang lebih 2 jam untuk bertemu dengan mereka, setelah bertemu dan bersalaman sambil berbicara basa basi kami memutuskan untuk mencari lokasi mendirikan tenta, lokasi di dapat maka langsung tenda di dirikan dengan perasaan bangga bisa beraada di lokasi ini.
  Tenda berdiri, kami memutuskan untuk beristirahat sejenak, dan setelah itu kami membuat menu makan malam yang tentunya sangat enak, setelah selesai makan mala kami memutuskan untuk istirahat saja, baru setelah 3 jam kami beristirahat dan terlelap dalam tidur kami di bangunkan oleh suara keributan yang tidak jauh dari posisi tenda kami berdiri, dan ternyata 1 rombongan yang mungkin berjumlah 15 orang telah sampai juga, namun karnaa rasa lelah kami tidak terlalu peduli dan melanjutkan untuk tidur, selain rasa lelah juga memang karna udara yang sangat dingin tentunya menjadi faktor lain yang menjadikan rasa enggan itu untuk keluar semakin besar.
Menunggu Sunrise

menikmati keindahan Danau Toba

Pagi hari bangun untuk sunrise attack kami menantikan keindahan itu dan bener seperti khyalan smuanya sesuai foto tentunya kami abadikan dan setelah itu kami membuat beberapa menu untuk sarapan dan setelah selesai kami menlanjutkan untuk berada di pilar ( puncak) gunung sipiso iso ini, 30 menit kurang lebih kami membutuhkan perjalanan dan akhirnya sampai juga dan foto lagi tentunya karna hanya itu saja yang bisa di ambil. setelah itu kami memutuskan untuk kembali ke posisi tenda kami, dan sebelum mengemas tenda kami memutuskan untuk memungut beberapa sampah yang ada di sekitaran tempat tenda kami berdiri.
Kebersihan di pagi hari ( Bersih itu indah)

Setelah selesai mengemas tenda dan memungut sampah kami lanjut perjalanan ke kaki gunungg ( perjalanan turun) karna setelah ini kami berencana untuk melanjutkan perjalanan ke air terjun sipiso piso dan malamnya akan menghabiskan waktu di tongging untuk mendirikan tenda sambil menikmati sejuk udara danau toba, dan pada saat turun mungkin karna faktor sampah yang banyak atau kami yang kurang kerjaan tanpa ada yang memberikan komando hanya terjadi secara spontan kami memungut sampah dari perjalanan hingga sampai di bawah ( pos pemeriksaan) dan sampah yang kami dapat woow lumayan banyak hmmm sangat banyak maksudnya hahahha, hal ini terjadi karna kurangnya kesadaran para pengunjung yang mengunjungi tempat ini akan pentingnya kebersihan akan lokasi wisata terutama gunung dan wisata alam lainya. karna akan sangat merusak keindahan jika sampah bertebaran di sana, ana berharap untuk agan n sistah yang berkunjung ke tempat ini untuk tidak membuang sampahnya secara sembarangan karna itu akan sangat mengganguu dan merusak keindahanya tentunya.
Lestari...!!

menuju gunung si piso piso
kaban jahe
dari kaban jahe ---> merek, selanjutnya ke arah tongging, maka akan terlihat di sebelah kiri sebuah plang yang bertuliskan selamat datang di objek wisata gunung sipiso piso

Medan
medan ( padang bulan) --> kaban jahe, --> merek ( selanjutnya ikuti yang dari merek ke objek wisata)
Medan ( padang bulan) --> tongkoh ,---> tiga panah --> merek.. ( selanjutnya seperti diatas)
Medan ( sisingamangaraja) --> siantar---> merek dan seperti diatas juga
Siantar ---> merek dan kembali seperti awalnya diatas.
Titik Awal Pendakian ( persimpangan menuju pos registrasi)